Senin, 31 Desember 2012

Notes28 : Hari Baru di 2013

Tahun baru, momen luar biasa yang hanya terjadi di ujung pada tiap tahun. Bertambahnya satu angka di kalender tahunan kita. Bergantinya hari pada tanggal 31 Desember menjadi 1 Januari yaitu hari pertama di tahun yang baru. Sebagian besar orang selalu menganggap pergantian tahun ini begitu spesial. Namun mengapa begitu? Apa yang sebenarnya kita harapkan dan senangi dengan pergantian tahun ini walaupun secara logika kita ini hanyalah pergantian hari yang sama seperti sebelumnya bukan?
 Waktu berputar dengan cepat. Tak dapat dipungkiri lagi nyawa tahun 2012 akan segera berakhir di hari ini. Besok adalah hari pertama di tahun baru. Hari pertama pada bulan 2013 yang kita anggap begitu sakral karena penanda bahwa tahun yang baru telah datang dan tahun lalu telah berakhir, saatnya kita menyambut masa baru yang kita harapkan lebih baik dari tahun ini. Tak dapat kita pungkiri, harapan-harapan telah kita pegang, rencana-rencana telah kita pikirkan, dan janji-janji telah kita buat untuk tahun baru yang akan segera datang.

Prosesi pergantian tahun ini terjadi sama saja dengan pergantian hari yang telah kita lewati selama hidup kita. Ketika arah jam menunjukan pukul 00.00 dini hari, hal itu menunjukan telah bergantinya hari. Harapan, rencana-rencana, do’a itu tak selalu harusnya kita kumandangkan pada saat pergantian tahun karena Pergantian tahun ini hanyalah seperti pergantian biasa. Oleh karena itu kita dapat mengumandangkan pencapaian dan harapan kita pada hari-hari yang insyaAllah masih kita dapat rasakan nanti.

Emang tak ada yang salah dengan menyambut tahun baru. Namun kadang kita lupa dengan arti dari pergantian tersebut. Apakah kita kan lupa dengan segala bentuk amalan-amalan yang telah kita perbuat selama setahun lalu? Apakah kita telah melakukan banyak hal yang tak hanya baik bagi kita sendiri tapi bermanfaat untuk orang lain? Apakah perbuatan buruk yang banyak kita lakukan setahun kemarin? Jawaban tiap orang pasti berbeda. Namun kita kadang lupa dengan nilai evaluasi yang seharusnya kita lakukan di ujung tahun ini.  Telah sejauh mana kita melangkah naik ataukah telah sebanyak apa kita mensyukuri segala hal yang patut kita syukuri setahun ini kadang lupa kita ukur dan ingat. Mengapa hal ini perlu? Jawaban hanya satu, karena bentuk evaluasi itu akan menjadi bukti bagaimana perkembangan kita selama setahun itu, dan sebagai pengingat kita untuk berubah di tahun berikutnya.

Kenangan-kenangan memang pastinya telah kita buat selama setahun 2012. Ada yang manis ataukah pahit. Namun kenangan-kenangan itulah bukti bahwa kita telah menjalani hidup ini dengan begitu panjangnya. Tahun 2012, apakah banyak memberikan kita masukan untuk berubah di tahun yang kan kita temui nanti. Kapan kita akan berubah? Apakah besok atau minggu depan, atau bulan depan, ataukah tahun depan? Tak perlu menunggu untuk berakhirnya tahun ini untuk berubah. Berubahlah ke arah yang lebih baik di tiap detik waktu yang Allah masih anugerahkan pada kita saat ini. Berikan kinerja kita dengan maksimal di detik yang kita dapati sekarang.

Hidup itu selalu berisi tentang pilihan dan apa yang kita akan pilih. Apakah  kita menyambut tahun depan dengan hanya angan-angan saja kedepan, ataukah kita realisasikan angan-angan itu dalam bentuk konkrit perbuatan perubahan tuk menjadi manusia yang lebih berkualitas. Manusia yang masih dapat bersyukur, bermimpi, dan bergerak maju.

Tahun baru, momen untuk bersuka cita dan bersuka ria, bersuka cita atas segala bentuk refleksi keperjalanan hidup kita setahun kemarin dan bersuka ria atas waktu yang masih dianugerahkan pada kita tuk berubah.

Happy New Day in 2013

0 comments:

Posting Komentar

 
;