Kamis, 20 Desember 2012

Notes25 : Terlalu indah tuk dilupakan


mylifeallinoneplace.blogspot.com
Terlalu indah tuk dilupakan, baris pertama dari lagu lawas berjudul Andaikan kau datang yang dinyanyikan oleh salah satu band legendaris Indonesia yaitu Koes plus yang disatu sisi terdengar memilukan namun disisi lain mengandung arti bentuk keinginan untuk tetap menyimpang kenangan untuk tidak mudah terlupakan. Kenangan kenangan yang kita dapatkan sekarang adalah bentuk refleksi kehidupan kita sampai sekarang. Saat mengenang adalah saat-saat kita mencoba untuk kembali mengenal siapa kita ini.


Masa lalu. Masa yang telah kita lalui. Masa yang tak bisa diubah. Masa yang juga akan terus berubah selama keperjalanan hidup kita. Masa untuk merefleksikan diri. Masa dimana kenangan itu muncul dan coba untuk kita kenang. Masa yang penuh dengan kekuatan untuk berubah

Masa ini. Masa yang paling sempit. Masa yang terhimpit di antara masa lalu dan masa depan. Masa yang hanya kita rasakan saat kita melakukan sesuatu. Masa yang menambah masa lalu. Masa yang menentukan masa depan. Masa dimana pilihan itu ditentukan. Masa untuk mencoba berubah.

Masa depan. Masa yang tak kita ketahui. Masa yang kita pertaruhkan harapan kita. Masa yang kita coba buat berwarna. Masa yang kita idam-idamkan dan tunggu.. Masa yang coba kita rencanakan dan ubah. Masa dimana segala kemungkinan terjadi. Masa yang menjadi bukti lamanya penantian kita serta masa dimana hasil penantian kita terbayarkan.

Hari ini adalah hari dimana masa depan telah datang dan menghampiriku. Hari dimana segala bentuk harapan dan rencanaku diperlihatkan-Nya. Sungguh tak ada yang tahu bagaimana satu detik kita di depan nanti, akankah kita masih dapat tersenyum, bersedih, tertawa, berlari, ataupun hidup di dunia yang fana ini. Kita pun tak dapat menebak bahwa sejarah hidup kita ini akan jadi seperti apa. Akankah diisi kenangan manis, pahit, indah, ataupun buruk. Inilah permainan waktu yang Allah telah ciptakan. Waktu yang tak akan diam begitu saja walaupun kita pintai. Waktu yang akan terus berjalan tanpa kita sadari  itu.

Kenangan itu dapat mengubah keadaan pribadi dari diri seseorang. Seseorang yang memiliki kenangan ketakutan akan sesuatu pastinya akan tetap membuatnya merasa takut pada hal itu dimasa depan ataupun berhasil mengendalikan rasa takutnya dan bisa menerima hal tersebut. Contohnya adalah bila ada seorang anak  yang pada masa kecilnya mengalami perlakukan yang kasar dari kedua orang tuanya, alhasil anak itu bisa menjadi dua pribadi yang berbeda. Pribadi yang kasar dikarenakan ajaran orang tuanya, ataupun pribadi yang penakut. Beberapa orang mungkin ingin menghilangkan kenangan buruk yang ia miliki. Tapi hal itu hanyalah tindakan melarikan diri dari masalahnya sendiri. Cukuplah terima dengan ikhlas hal itu dan menerima kenangan itu serta mencoba untuk berubah. Jangan lupa tak hanya kenangan baik dan indah yang dapat membekas, tapi kenangan buruk itu lebih lama membekas. Kenangan baik kita ubah jadi semangat. Kenangan buruk kadang menyimpannya sebagai luka yang tak kunjung sembuh.

Alhamdulillah kita masih tetap diberikan nikmat waktu sampai saat ini. Walaupun masa lalu kita diisi dengan kenangan baik atau buruk pun, itulah yang menyusun diri kita, membentuk pribadi kita saat ini. Itulah yang membuktikan eksistensi kita saat ini. Membuktikan bahwa kita tengah mencoba memahami diri kita lagi.
Refleksi diri di masa lalu tuk masa ini. Masa ini terus coba kita maksimalkan tuk coba meraih masa depan. Masa depan yang kita impikan dan harapkan semoga dapat kita capai. :D

0 comments:

Posting Komentar

 
;