Selasa, 17 September 2013

Notes55 : Inti Informasi

Detik ini perkembangan dalam dunia informasi begitu maju. Didukung dengan peran cantik dari internet yang telah mempermudah kita dalam mengakses berbagi informasi ke seluruh pelosok dunia ini. Namun sebenarnya internet hanyalah sebuah media. Sedangkan isi yang coba disampaikan dalam infromasi yang disampaikan melalui internet, ataupun sarana lainnya sekalipun, contohnya media cetak, adalah suatu hal yang penting yang kadang tak kita sadari dan coba kenali lebih jauh.




Informasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah n 1 penerangan; 2 pemberitahuan; kabar atau berita tt sesuatu; 3 Ling keseluruhan makna yg menunjang amanat yg terlihat dalam bagian-bagian amanat itu. Dilihat dari definisi diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa informasi adalah bentuk penerangan, yaitu proses ataupun cara untuk menerangkan atau memberikan sebuah penjelasan  atau petunjuk dari satu orang ke orang lain mengenai suatu kabar atau berita. Jadi tak mungkin dalam suatu informasi itu tak ada ide yang coba disampaikan oleh sang pemberi berita.

Ide adalah inti dalam informasi. Tidak seperti inti sebuat bom, dimana bila kita berikan suatu stimulasi pada intinya, maka ia akan bereaksi dan akhirnya meledak. Mari kita lihat manusia. Bila kita rombak isi jasadnya atau tubuhnya, apa yang akan kita dapati di dalam sana? Ya kita dapat menemukan organ-organ yang secara komprehensif bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing agar manusia itu hidup secara fungsional. Namun dimanakah inti dari manusia? Intinya itu adalah ruh ataupun jiwa yang mengisi jasad tersebut yang tak dapat kita lihat dengan mata telanjang. Maka mari coba kita analogikan bahwa ide itu adalah ruh yang bersemayam dalam diri sebuah informasi. .Walaupun kita bisa mengorek sedalam-dalamnya informasi yang ada, yang kita peroleh hanyalah organ-organ pemahaman kita tentang ide yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu ide adalah sesuatu yang lebih baiknya kita pahami. Karena ide itu selalu membalut informasi, dari luar sampai ke lapisan terdalam dari sebuah informasi.

Informasi yang kita dapatkan dari media-media inforamasi pastinya membawa berbagai macam ide. Bisa saja ide itu berjalan harmoni atau saling menguatkan, dan tak sedikit juga, ide-ide itu berbenturan satu dengan lainnya.  Kadang kita dibuat pusing dibuatnya. Manakah ide yang benar atau yang salah, atau manakah ide yang lebih benar atau yang kurang benar. Ide-ide itu sekarang sudah banyak bertebarang dimana-mana seiring dengan meningkatnya metode penyampaian informasi. Walaupu berat, kita harus tetap mengambil sikap atas ide-ide tersebut. Pemahaman dan pengetahuan dasar kita menjadi kunci untuk menjawab apa sikap yang akan kita ambil nantinya.

Ide-ide itu seperti magnet yang memiliki dua sisi. Ada sisi positif dan juga sisi negatif. Keduanya merekat erat dan sulit untuk dilepaskan. Walaupun kita coba pilih satu sisi saja, sisi lain akan selalu membayangi. Maka lebih baik kita pahami keduanya. Karena setiap hal itu pastinya memiliki hikmah di dalamnya, seperti muatan negatif yang bisa menarik hal positif untuk datang.

Ide /idé/ n rancangan yg tersusun di dalam pikiran; gagasan; cita-cita

0 comments:

Posting Komentar

 
;