Minggu, 06 Januari 2013

Notes31 : Cerita,,,


Cerita mengenai sisi kehidupan yang ada di dunia ini memang sangatlah menarik. Cerita tentang hidup tak kan pernah berkembang satu alur saja, namun dapat berkembang luas tak terhingga bila dilihat dari kaca seluruh kehidupan yang telah terjadi di tiap detik waktu berjalan. Sungguh hal yang luar biasa apa yang dinamakan kehidupan ini. Bagaimanakah alur hidup yang terjadi dilihat pada suatu sisi dan apa sajakah yang mengisi dan menghiasinya itu tak dapat hanya diceritak dalam rangkaian kata, kalimat, paragraf, halaman, ataupun buku. Yah pastilah tak akan cukup, karena hidup kita ini terlalu banyak. Terlalu banyak di tiap detiknya.

Banyaknya cerita tentang hidup ini, seperti cerita tentang ilmu. Sejauh kita ketahui bahwa ilmu pengetahuan sangatlah banyak dan bertebaran di dunia ini, tinggal bagaimana kita mencoba mempelajarinya. Tak herap tiap orang pastinya sering terbesit suatu pemikiran ataupun ide yang luar biasa hanya dengan mencoba fokus pada suatu hal. Contohnya adalah Newton yang melihat bagaimana jatuhnya apel dari sebuah pohon dan akhirnya menghasilkan suatu teori tentang adanya gaya tarik bumi sehingga akhirnya kita mengenal bahwa kata “jatuh” pastilah ke arah bawah. Sungguh luar biasa hanya hal kecil tapi menghasilkan sesuatu yang besar, seperti biji yang kecil namun dapat tumbuh besar dan akhirnya dapat menghasilkan buah yang manis. Dan seperti manusia yang terlihat biasa saja namun dapat menggebrak dirinya untuk memperlihatkan taring potensinya akan sesuatu.

Alur cerita hidup ini tak mungkin bisa diprediksi dengan benar. kemungkinan-kemungkinan itu dapat terjadi kapan saja dan mengubah alur suatu perjalanan hidup. Mengapa hal itu terjadi? Ya pastinya hanya Allah yang tahu tentang takdir kita sampai nafas terakhir kita nanti. Kita hanyalah pemain di panggung sandiwara bernama dunia. Bermain dengan plot dan alur yang selalu berubah-ubah tiap detiknya. Mungkin kita memilih, akankah berperan kocak, berperan senang, berperan sedih, berperan baik, dan bahkan berperan jahat.

Isi cerita, sudut pandang, peran, latar dan alur. Komponen yang memang pastinya ada dalam ceritaku ini. Cerita yang biasa saja, yaitu cerita yang sebenarnya kita semua miliki masing-masing. 

Ceritaku kadang indah atau buruk
Ceritaku kadang menarik atau membosankan
Ceritaku kadang ramai atau sepi
Ceritaku kadang benar atau salah
Ceritaku kadang dimengerti atau membingungkan

Namun
Ceritaku tentang hal ini
Cerita yang dapat kubagi adalah ini
Cerita ini hanyalah sepenggal dari banyaknya cerita yang ku miliki dan ku tahu
Cerita ini coba ku tulis, dengan penuh harap, cerita ini tak harus mati..... 

0 comments:

Posting Komentar

 
;