Sabtu, 03 November 2012

Notes14 : Ujian bukan Masalah



Yah sabtu pagi dengan kondisi temperatur yang cukup hangat. Bangun dari pelukan mimpi yang mungkin cukup memperlenakan kita sehingga ruh kita tidak mau kembali ke dalam tubuh kita. Efek sakit kepala dan keadaan tubuh yang kurang baik memaksa untuk tidur lebih cepat semalam, namun alhamdulillah saya masih dapat terbangun saat adzan shubuh berkumandang. Hati dan pikiran ini masih tetap memaksa untuk membangunkan kondisi fisik yang kurang baik ini untuk tetap mengingat ilahi.

Terasa tidak nyaman di tenggorokan inilah yang dinamakan kata sakit, bentuk cobaan yang Allah berikan pada hamba dimana nikmat sehat tengah diputus oleh-Nya. Pastinya keadaan ini memang begitu tidak mengenakan dan sedikit membuat kita malas untuk bergerak. Timbulah pertanyaan, mana yang sakit, fisik atau ruh mu?
Keadaan fisik yang berkurang memberikan efek negatif yang luar biasa pada hati dan pikiran kita bahwa kita tengah dalam kondisi yang tak berdaya. Kita kadang berpikir cobaan ini begitu berat ketika impuls dari rangsangan sakit mulai menjalar menuju otak dan kita mendefinisikan bahwa keadaan kita tak mungkin untuk melakukan suatu perubahan.



“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?” (QS Al-Ankabut (29) : 2)
“Do men think that they will be left alone on saying, We believe, and not be tried?”

Astagfirullah, ini firman Allah yang sangat jelas menjelaskan bahwa apakah keimanan yang kita miliki ini akan menjauhkan kita dari segala macam ujian?

Dari Mush’ab bin Sa’id -seorang tabi’in- dari ayahnya, ia berkata,
يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ أَشَدُّ بَلاَءً
Wahai Rasulullah, manusia manakah yang paling berat ujiannya?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

« الأَنْبِيَاءُ ثُمَّ الأَمْثَلُ فَالأَمْثَلُ فَيُبْتَلَى الرَّجُلُ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ فَإِنْ كَانَ دِينُهُ صُلْبًا اشْتَدَّ بَلاَؤُهُ وَإِنْ كَانَ فِى دِينِهِ رِقَّةٌ ابْتُلِىَ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ فَمَا يَبْرَحُ الْبَلاَءُ بِالْعَبْدِ حَتَّى يَتْرُكَهُ يَمْشِى عَلَى الأَرْضِ مَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ »
Para Nabi, kemudian yang semisalnya dan semisalnya lagi. Seseorang akan diuji sesuai dengan kondisi agamanya. Apabila agamanya begitu kuat (kokoh), maka semakin berat pula ujiannya. Apabila agamanya lemah, maka ia akan diuji sesuai dengan kualitas agamanya. Seorang hamba senantiasa akan mendapatkan cobaan hingga dia berjalan di muka bumi dalam keadaan bersih dari dosa.(HR. Tirmidzi no. 2398, Ibnu Majah no. 4024, Ad Darimi no. 2783, Ahmad (1/185). Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 3402 mengatakan bahwa hadits ini shahih.)

Ujian akan selalu datang pada kita semua. Tidak ada namanya masalah atau problem, hanyalah ujian yang Allah berikan kepada umat-Nya agar mereka tetap selalu mengingat Allah dan bersyukur atas nikmat yang telah diberkan-Nya.


 “Dan apabila manusia itu ditimpa kemudharatan, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali kepada-Nya; kemudian apabila Tuhan memberikan nikmat-Nya kepadanya lupalah dia akan kemudharatan yang pernah dia berdoa (kepada Allah) untuk (menghilangkannya) sebelum itu, dan dia mengada-adakan sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah: "Bersenang-senanglah dengan kekafiranmu itu sementara waktu; sesungguhnya kamu termasuk penghuni neraka". (QS Az-Zumar (39) : 8)
“And when distress afflicts a man he calls upon his Lord turning to Him frequently; then when He makes him possess a favor from Him, he forgets that for which he called upon Him before, and sets up rivals to Allah that he may cause (men) to stray off from His path. Say: Enjoy yourself in your ungratefulness a little, surely you are of the inmates of the fire”.

Inilah bentuk refleksi kita atas apa yang telah diberikan Allah dan bagaimana kita menjawab pemberian-Nya yang luar biasa. Renungan yang harus kita lakukan atas perbuatan kita selama ini. Akankah kita kufur atas nikmat, akankah kita menyalahkan sang khaliq atas masalah nikmat yang Allah sudah tau kemana dan kapan nikmat itu diberikan, dan ujian sekali pun. Akankah kita bersyukur tentang apa pun kondisi yang kita dapat hari ini? Dan apakah kata sabar tak ada di benak kita? Mau mulai bergerak walaupun dalam kondisi ? Jawaban ya, Insyaallah kita bisa, laa tahzan wa laa takhof innallaha ma'ana :D



“Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. Bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS Az-Zumar (39) : 10)
“Say: O my servants who believe! be careful of (your duty to) your Lord; for those who do good in this world is good, and Allah's earth is spacious; only the patient will be paid back their reward in full without measure”.

0 comments:

Posting Komentar

 
;