Sabtu, 10 Maret 2012

Notes4 : Ke arah mana kita akan berubah??

Tak lepas dari keseharian kita, benda bernama handphone atau yang biasa disingkat “HP” selalu menemani keseharian kita. Alat komunikasi ini adalah salah satu dari tingkatnya perkembangan dunia yang kita tempati ini khususnya dalam bidang teknologi. Luar biasa sekali manfaat dari teknologi ini dalam bidang komunikasi sehingga kita tak perlu lagi menemui seseorang untuk mengabari sesuatu atau menulis surat yang membuang waktu lama agar sampai ke tangan si penerima. Namun kita pun tahu bahwa bila ada kelebihan, kekurangan pasti menemani.

Dampak dari perkembangan teknologi yang mengarahkan dunia ini menuju zaman yang modern yang berisi hal-hal yang canggih (WoW) adalah perubahan kultur dan perilaku manusia secara bertahap. Adaptasi terhadap perubahan lingkungan merupakan hal mutlak untuk dapat melewati seleksi alam yang terus berkelanjutan ini. Kompetisi merupakan hal biasa, yang kalah menempati puncak dunia dan yang kalah hanya tertegun dengan impian untuk mencapai puncak.


Canggihnya dunia saat ini dapat terlihat dari perkembangan sistem komunikasi berskala global yang bernama internet. Segala bentuk informasi dari seluruh dunia dari berbagai negara, bahasa, ras, agama, dll dapat diakses dengan menggunakan internet ini. Hal ini tentu sangatlah luar biasa bagi kita semua. Manfaat banyak sekali, dari kemudahan mendapat informasi untuk tugas, pekerjaan, komunikasi, sampai dengan berbisnis berskala luas. Internet merupakan simbol perkembangan zaman menuju modernisasi. Manfaatnya dapat diacungi jempol. Namun tak semua hal yang positif yang kira peroleh, hal negatif pun terus mengalir tanpa henti.

Bagi para anak-anak sampai dewasa sudah mengenal mengenai jejaring sosial yang merupakan bentuk perkembangan alat komunikasi yang berbasis internet. Kita dapat menjalin hubungan sosial dengan orang yang belum kita kenal dari berbagai daerah sampai luar negeri. Wah pastinya senang sekali dapat berbincang-bincang  atau berkomunikasi dengan orang baru dan informasi baru. Tujuan dari jejaring sosial tersebut memang brilian yaitu membantu dalam hal meningkatkan komunikasi yang mudah sehingga jalinan antar manusia yang berbeda-beda di dunia ini. Namun ekspresi yang ditujukan kita terhadap konsep awal tadi berbeda. Jejaring sosial kadang dapat menimbulkan perselisihan ataupun masalah yang tidak hanya berskala kecil. Keributan dikarenakan satu atau dua patah kata yang tertulis dapat menimbulkan perbedaan pendapat yang luar biasa.

Sungguh luar biasa... Satu atau dua kata dapat menghipnotis arah dari pergerakan dunia ini, itulah “media” pusat informasi yang kadang menjadi alat untuk mengendalikan kita semua sesuai dengan kehendak sang pemilik media tersebut.
     
Bentuk perubahan atau evolusi ini dapat diibaratkan dengan berjalan dalam lorong yang gelap tiada berujung. Kita tak dapat memastikan bentuk evolusi ini akan mengarah kemana? Apakah evolusi atau perubahan ini akan mengarah kemana? Bisakah kita mengarahkannya ke arah yang lebih baik?

Manusia memang mahluk yang luar biasa dan aneh :D
Mahluk yang memiliki perasaan dan pikiran yang dianugerahkan oleh Allah SWT
Mahluk yang sulit untuk dimengerti apa maunya hahaha.....

0 comments:

Posting Komentar

 
;